Tata Cara Singkat Penggunaan Awal Aplikasi SAS 2016


Rabu, 09 Desember 2015


Instalasi Awal Aplikasi SAS tahun 2016 Satuan Kerja tidak jauh beda dengan Aplikasi SAS tahun 2015, berikut ini admin tuliskan tata cara singkat pengisntallan dan penggunaannya. 
Cara Instal Aplikasi SAS 2016 Versi 16.0.0: 
1.Download terlebih dahulu Installer Aplikasi SAS 16.0.0 dan Databasenya.
2.Sebelum Penginstallan Backup dan amankan Dulu Aplikasi SAS 2015, jika dalam satu komputer yang sama.
3.Pertama, install dulu Aplikasi SAS V16.00, klik kanan Run as As Administrator (Windows 7 ke atas).
  - Klik Lanjut Saja

  -Tunggu Sampai Selesai

-Jika yang dipakai adalah laptop/PC lama yang sebelumnya sudah terinstall Aplikasi SAS 2015 atau MySQL Connector ODBC 5.1, maka pada Install Aplikasi akan muncul untuk Install ODBC MySQL, pilih opsi Repair, kemudian klik Next. Lanjutkan sampai selesai

- Jika Belum terinstall Aplikasi SAS 2015 atau MySQL Connector ODBC 5.1, pilih typical.

4. Kedua, install dulu Database SAS V16.00, ikuti prosesnya seperti biasa sampai selesai.

Setelah Selesai Penginstallan lakukan Setting dan Pengaturan Awal Aplikasi SAS 2016. Berikut Penjelasan singkatnya:
1. Buka Aplikasi SAS 2016, biasanya tampil di Dekstop/local C didalam Folder Aplikasi SAS 2016.

2. Masukan User admin dan admin
3. Setelah Berhasil Login, pada Menu Referensi I
   - Pilih Satker, klik Default



   -Pilih KPPN Klik Default.

4.Setelah itu keluar aplikasi dulu, masuk lagi admin dan admin, tampilan Aplikasi SASnya akan berubah dengan Nama Satker anda.
5. Pada Menu Referensi I
  -Pilih Kode PPK, klik Rekam dan Simpan

Pada saat merekam, isikan kode satker dengan Manual saja, seharusnya otomatis muncul kalau adk pagu sudah ditransfer ke Aplikasi SAS 2016, pada menu Pagu >> Tranfers Pagu dan Revisi Pagu. Klikan saja Yes Seperti di atas.Jangan Lupa Isikan Nama PPK/Anak Satker anda.
Catatan:Sebaiknya transfer adk pagu dulu sebelum langkah ini, karena adk pagu belum keluar sementara diisi manul seperti itu.
  
  -Pilih Bank Pos, Klik Rekam dan Simpan 
  -Pilih Supplier, klik Rekam dan Simpan
   Pertama untuk Supplier Bendahara Tipe 01

 Kedua untuk Supplier Pegawai Tipe 03, dan seterusnya.
 Untuk lebih mudah Buka Aplikasi SAS 2015 terdahulu, bisa copy paste.
Catatan:Untuk Ambil data Supplier Otomatis, menu Utility >> Ambil data Supplier 2015 masih tidak koneksi

  - Kemudian Masih Referensi I, Pilih Pejabat, Rekam KPA, PPK, Bendahara, dan PPSPM

      Klik Default pada PPSPM dan PPK

   -Pilih lagi Nomor SPP, Klik Rekam dan Simpan, isian lihat gambar.

  - Pilih lagi Nomor Kontrak,  Klik Rekam dan Simpan, isian lihat gambar.

   - Pilih Lagi Alamat Kantor, Rekam dan Simpan

   - Pilih lagi User (Penting)
     1. Rekam User SPP/PPK (Level 2, Menu 1) , Jgn Lupa Pilih Kode PPK
     

    2. Rekam User SPM/PPSPM (Level 2, Menu 2)
      
  
  3. Rekam User Silabi/LPJ Bendahara 
   
Catatan: Pilih Bendahara Penerimaan atau Pengeluaran. Untuk Versi 16.00 Pilihan Bendahara Pengeluaran masih belum tersedia.

6. Pada Menu Utility Jangan Lupa Setting Database dan Bank Operasional.
Silahkan Sobat Donwload File Installer Aplikasi SAS 2016 Versi Gaji. Unduh Saja!

Catatan yang Penulis Temui, mungkin berbeda dengan Sobat:
1.Untuk Backup Data masih belum sempurna, tetapi masih bisa dilakukan backup
2.Untuk User Silabi/LPJ pilihan bendahara Pengeluaran masih belum muncul
3.Untuk Ambil data Supllier 2015 masih belum bisa/terkoneksi.
  
Penting!! 
Disarankan untuk lebih baik tunggu ADK RKAKL online dulu keluar, baru masukkan transfer pagu, bila sudah berhasil baru diisi data referensinya untuk kode PPK/anak satker.