Surat Pengantar Pemuktahiran Data Emis Semester Genap TP.2015/2016 dan Jadwal Upload Hasil Backup ke Aplikasi Emis Online(RA/Madrasah) Semester Genap TP.2015/2016 dapat didownload di sini Pendis Kemenag Klik Surat Pengantar dan Jadwal Upload Emis.
Atau bisa di unduh lewat mediafire Klik Surat Pengantar dan Jadwal Upload Emis.
Untuk Pemuktahiran Pemuktahiran Data Emis Semester Genap TP.2015/2016 tidak jauh beda dengan semester sebelumnya yakni Semester Ganjil TP.2015/2016, baik itu form isian data formal excelnya dan pengoperasian Aplikasi Desktoop Emisnya maupun Upload Backup pada Aplikasi Emis Online, tapi bisa saja nanti terdapat perubahan dari Tim Emis Pendis Kemenag RI Pusat.
Langkah-langkah Pemuktahiran Data Emis Semester Genap TP.2015/2016, yaitu
Langkah Pertama (Penting)
Mengisi Form Pendataan yang sudah disediakan oleh Tim Emis Pendis Kemenag RI Pusat yang terdiri dari 4 form, Lembaga, Lulusan, Personal, dan Siswa. Form Data untuk MA, MTs, MI dan RA Genap TP.2015/2016 dapat diunduh di sini lewat mediafire Form Isian Emis Genap TP.2015/2016
Isi sesuai Petunjuk yang ada, dan pastikan data sudah diisi dengan benar serta hasil validasi datanya sudah sesuai dan valid. Untuk Form Isian Emis Semester Genap TP.2015/2016 sepertinya sama dengan form isian Emis Semester Ganjil TP.2015/2016, jadi bisa dicopy dan paste. Dalam copy dan paste ini perlu hati-hati, agar tidak merusak form isian excel yang ada.
Caranya Copy seperti biasa, untuk isian Personal yang berwarna hitam jangan dicopy.
Kecuali sobat bisa mengcrack protect form isian excelnya.
Cara Mempastenya bisa menggunakan Paste Special atau paste value, terserah sobat pilih yang tidak merusak rusak. Contoh MS Office 2010 menggunakan paste spescial
Langkah Kedua (Pengoperasian Aplikasi Desktoop Emis Offline)
Aplikasi Dekstop Emis Semester Genap Tp.2015/2016 Versi Awal dapat diunduh disini:
1.Aplikasi Dekstop Emis MA Genap TP.2015/2016
2.Aplikasi Dekstop Emis MTs Genap TP.2015/2016Atau bisa di unduh lewat mediafire Klik Surat Pengantar dan Jadwal Upload Emis.
Untuk Pemuktahiran Pemuktahiran Data Emis Semester Genap TP.2015/2016 tidak jauh beda dengan semester sebelumnya yakni Semester Ganjil TP.2015/2016, baik itu form isian data formal excelnya dan pengoperasian Aplikasi Desktoop Emisnya maupun Upload Backup pada Aplikasi Emis Online, tapi bisa saja nanti terdapat perubahan dari Tim Emis Pendis Kemenag RI Pusat.
Langkah-langkah Pemuktahiran Data Emis Semester Genap TP.2015/2016, yaitu
Langkah Pertama (Penting)
Mengisi Form Pendataan yang sudah disediakan oleh Tim Emis Pendis Kemenag RI Pusat yang terdiri dari 4 form, Lembaga, Lulusan, Personal, dan Siswa. Form Data untuk MA, MTs, MI dan RA Genap TP.2015/2016 dapat diunduh di sini lewat mediafire Form Isian Emis Genap TP.2015/2016
Isi sesuai Petunjuk yang ada, dan pastikan data sudah diisi dengan benar serta hasil validasi datanya sudah sesuai dan valid. Untuk Form Isian Emis Semester Genap TP.2015/2016 sepertinya sama dengan form isian Emis Semester Ganjil TP.2015/2016, jadi bisa dicopy dan paste. Dalam copy dan paste ini perlu hati-hati, agar tidak merusak form isian excel yang ada.
Caranya Copy seperti biasa, untuk isian Personal yang berwarna hitam jangan dicopy.
Kecuali sobat bisa mengcrack protect form isian excelnya.
Cara Mempastenya bisa menggunakan Paste Special atau paste value, terserah sobat pilih yang tidak merusak rusak. Contoh MS Office 2010 menggunakan paste spescial
Langkah Kedua (Pengoperasian Aplikasi Desktoop Emis Offline)
Aplikasi Dekstop Emis Semester Genap Tp.2015/2016 Versi Awal dapat diunduh disini:
1.Aplikasi Dekstop Emis MA Genap TP.2015/2016
Atau bisa jua diunduh
a.Login Pada Alamat http://emispendis.kemenag.go.id/emis_sdm/ atau Klik.
c.Masukkan Email dan Password yang sudah didaftarkan sebelumnya, klik Sign in
d.Kemudian Klik Unduh File untuk Mendownload Desktos Emis.
Pantau terus Aplikasinya jika ada update dan PacthnyaTata Caranya Pengoperasian Aplikasi Dekstop Emis Sama saja dengan sebelumnya:
1. Setelah didownload ekstract dulu filenya karena dalam bentuk rar
2. Letakkan folder aplikasinya di Drive/Data/Local C:D:E terserah saja.
3. contoh untuk MTs
4. Buka Folder Tersebut,Login Seperti Biasa Klik Gambar atau kirim dulu Layar Desktoop
5. User Name isi dengan Nomor Statisitik Madrasah (NSM) dan Password isi lembaga
6. Penting Sebelum Login Setting Language and Region English (United States).Masuk Control Panel, Pilih Clock, Language and Region
Lalu Pilih Region and Language, Pilih English (United States), Klik Apply, Lalu OK.Selesai.
7. Tampilan Setelah Login isi data dari profil sampai lulusan
8. Contoh Upload untuk data Personal/Detil PTK
9. Klik Detil PTK, klik tanda ..., cari folder isian excelnya, pilih personal.
10. Untuk MS Office 2010 ke atas pilih Excel > 2007, jika Excel < 2007 file tidak muncul.
11.Klik Proses untuk upload data
tunggu prosesnya sampai selesai diupload, semakin banyak personalnya semakin lama prosesnya
12. Jika ada data yang gagal validasi, hapus data dulu, ulangi lagi seperti diatas
Contoh data Gagal Validasi, perbaiki yang bertanda merah pada isian form excelnya.
13. Isi Data Selengkapnya, Jangan Sampai ada data yang gagal validasi atau jumlahnya tidak sinkron, karena mengakibatkan backup data gagal.
14. Terakhir Klik Backup.
15. File Backup tersebut semuanya diupload sesuai jadwal ke url http://emispendis.kemenag.go.id
Langkah Ketiga (Pengoperasian Emis Online)
Cara Login:
1.Klik alamat Emis Pendis Kemenag Online.2.Lalu Masukkan Nama Pengguna dan Sandi yang sudah terdaftar sebelumnya
3. Klik Unggah untuk mengambil File Backup Desktoop Emis.
4. Jika Semua Data Sudah Benar dan Valid, klik Konfirmasi.
Catatan Penulis:-----------Mohon Ma'af Jika Terdapat Kesalahan-----------
(Jika Ada Kendala atau masalah dalam pengoperasi Aplikasi Dekstoop Emis baca postingan yang lalu atau sebelumnya).